Headlines News :
Home » » Harum Pandan dan Gurihnya Ayam

Harum Pandan dan Gurihnya Ayam

Yusran/FAJAR
REPORTER: MUH FADHLY ALI

EDITOR: EDY ARSYAD



Aromanya saja sudah harum, apalagi rasanya. Saat mencicipinya, daging ayam terasa empuk dan gurih. Perpaduan bumbu pada olahan ayam ini  menguggah selera makan. Tidak salah jika kuliner ini digemari pengunjung New Singapore.

RESEP ayam pandan ini berasal dari Singapura mirip-mirip dengan  kuliner Thailand dengan nama asli Khai Obb Bay Tay.
Di Thailand ayam bungkus pandan diolah dengan tiga cara yang berbeda; digoreng, dipanggang (grill), dan dioven (bake). Namun di New Singapure, ayam pandan yang diolah dengan cara digoreng.

 Jika Anda menginginkan resep ini lebih nikmat, memasak dengan cara dipanggang (grill) maupun dioven (bake) bisa menjadi pilihan lain.
   
Chef Michael Cianata yang karib disapa Michael mengungkapkan, daun pandan yang digunakan untuk membungkus ayam, saat digoreng akan mengeluarkan aroma harum yang khas.

Selain itu, daun pandan juga akan menahan sari ayam tetap berada di dalam, sehingga rasa ayam akan lebih gurih."Untuk pilihan bagian ayam, anda bisa menggunakan bagian sayap seperti pada resep ini, atau menggunakan bagian lain seperti paha bawah, dada tanpa tulang, dan paha atas," beber chef asal Singapura ini.
Hanya saja, kata dia, perlu diperhatikan potongannya, jangan terlalu besarm agar saat digoreng bisa matang hingga bagian dalam daging. Untuk sausnya sendiri, sungguh komplit. "Saus tiram dicampur dengan wijen. Pas rasanya, sangat enak bila ayam pandan di cocol atau dilumuri saus tiram," kata Michael.

Selain sajian ini, tambah Tuty Kwendy, owner New Singapore yang terletak di Jl. Muchtar Luthfi No. 2C Makassar ini tidak hanya menjual olahan ayam saja, seafood pun ada. "Setiap malam pengunjung sangat ramai. Banyak pengunjung yang memilih ayam pandan pada pesanannya," tutup Tuty belum lama ini. (*)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Edy Arsyad - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template