0
On this Article
Home  ›  Berita

Pemkab Bone Akan Revitalisai Lapangan Merdeka


- Revitalisasi Tiga Lokasi Dianggarkan Rp 5 Miliar



WATAMPONE,FAJAR--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone akan melakukan revitalisasi  Lapangan Merdeka, Taman Bunga Arung Palakka, dan situs Tana Bangkalae. Alokasi anggaran untuk revitalisasi ketiga kawasan itu, sekitar Rp 5 miliar

Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi, mengatakan, terkait rencana revitalisasi ketiga lokasi itu, Pemkab Bone melalui Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Bone menggelar sayembara design ruang terbuka bagi tiga lokasi ini.

Menurutnya, design untuk tiga lokasi ini sedang disayembarakan, dan pemenang sayembara itu nantinya yang menjadi konsultan revitalisasi ketiga lokasi tersebut."Pemkab Bone akan menyiapkan anggaran untuk revitalisasi yaitu Rp 5 miliar,"kata  Andi Fahsar  di sela-sela kunjungannya di lokasi pameran sayembara design ruang terbuka itu, yang digelar di Taman Bunga Arung Palakka, Rabu, 29 Januari kemarin.

Dia berharap, hasil design sayembara ketiga lokasi ini diharapkan selain berkonsep sebagai ruang publik yang berkonsep  modern,  namun tidak menghilangkan nilai sejarah, budaya, serta ada istiadat di daerah ini.


Terpisah, Ketua Panitia sayembara design tiga lokasi tersebut, Andi Emil Mattotorang, mengatakan, terkait peserta yang mengikuti sayembara ini didominasi dari peserta dari luar Sulsel, seperti dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. "Hampir 80 persen peserta sayembara design ini berasal dari luar Sulsel,"ujarnya.

Salah seorang peserta sayembara design ini, Mahatir, mengatakan, ia melakukan konsep desain yang tidak meninggalkan nilai kearifan lokal, dengan menyatukan tekhnologi arsitektur, yang dilandasi dengan kearifan lokal, dan buget untuk pembangunan tiga lokasi, yaitu Lapangan Merdeka, taman bunga, serta situs Tana Bangkalae.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS