Pantai Ujung Kupang Sinjai Butuh Perhatian

shares


- Fokus Pengembangan 2015 Mendatang



Kabupaten Sinjai yang berada di bagian Selatan Provinsi Sulsel ini memiliki wisata andalan  tiga dimensinya, baik pesisir pantai, daratan, hingga daratan
tinggi. Khusus objek wisata bahari, nama Pantai Ujung Kupang tidak asing lagi masyarakat Sinjai.

Para pengunjung pun datang dengan
berbagai alasan, ada yang ingin menikmati keelokan pantai serta panorama alam di sekitarnya atau sekadar melepas penat, usai beraktifitas selama sepekan

SINJAI,FAJAR


Pantai Ujung Kupang  menjadi salah satu rute wisata bahari andalan di bagian Selatan Provinsi Sulsel. Para pengunjung pun datang dengan
berbagai alasan, ada yang ingin menikmati keelokan pantai serta panorama alam di sekitarnya, atau sekedar melepas penat, usai beraktifitas selama sepekan.

Bahkan pada akhir pekan,  terutama hari Sabtu atau Minggu dan hari libur
lainnya, lokasi itu dipadati pengunjung. Sayangnya, prasarana penunjang objek wisata ini  masih  minim bagi para pengunjung objek wisata bahari dan tirta andalan bumi "Panrita Kitta" ini.

Pantai Ujung Kupang berada disebelah Timur Ibukota kabupaten Sinjai, tepatnya di Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur. Untuk menuju lokasi ini dari Ibukota Kabupaten tak membutuhkan waktu yang lama, cukup 15 menit pengunjung pun sudah tiba di lokasi objek wisata Pantai Ujung Kupang.

Objek bahari Pantai Ujung Kupang memiliki daya pikat tersendiri. Saat berada di objek wisata ini, pengunjung pun disuguhkan pemandangan
alam yang eksotis nan memikat. Di bibir pantai pengunjung dapat menyaksikan deretan pohon kelapa.

Selain itu, hamparan
pasir halus dan hembusan angin pantai yang sejuk membuat pengunjung merasakan suasana berbeda. Berbagai pemandangan panorama alam maupun
aktivitas nelayan yang sedang melaut atau yang menambatkan perahunya di
sepanjang bibir pantai, menjadi aktivitas tersendiri di pantai ini.

Tak kalah uniknya, pengunjung pun dapat memanfaatkan bebatuan yang berada di pantai ini untuk dijadikan sebagai terapi refleksi telapak kaki. Untuk menikmati terapi refleksi itu, para pengunjung hanya  berjalan di bibir pantai tanpa mengenakan pengalas kaki untuk merasakan terapi refleksi kaki dari bebatuan di pantai ini.

Sayangnya, keelokan panorama dan keunikan lainnya Pantai Ujung Kupang ini tak sebanding lurus dengan fasilitas penunjang bagi pengunjung di lokasi tersebut, di antaranya akses jalan untuk menuju Pantai Ujung Kupang masih perlu dilakukan perbaikan serta pembenahan untuk memudahkan para pengunjung ke lokasi objek wisata bahari ini.

Selain itu, tempat peristirahatan bagi pengunjung  di lokasi ini yang belum ada, serta kebersihan pantai yang perlu menjadi perhatian. Salah seorang warga yang kerap berkunjung ke lokasi objek wisata ini, Lukman, mengatakan,   Pantai Ujung Kupang perlu perhatian serius dari pemerintah daerah, terutama akses jalan serta tempat peristirahatan bagi pengunjung.

Demikian halnya, dengan kebersihan dari Ujung Kupang itu sendiri. Jika dikelola secara baik, Pantai Ujung Kupang dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah serta kunjungan wisatawan di daerah ini. "Masih banyak sampah yang berserakan, hal ini tentu mengurangi keindahan pantai tersebut,"jelasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Kebudayaan, dan Kepariwisataan Kabupaten Sinjai, HM Yassin Amin, mengakui   objek wisata Pantai Ujung Kupang menjadi salah satu fokus
pengembangan wisata bahari di Sinjai. Apalagi animo masyarakat untuk berkunjung semakin menunjukkan peningkatan.

Apalagi, kata dia,  Pantai Ujung Kupang punya daya tarik tersendiri, jika dibandingkan wisata
bahari lainnya. Selain keindahan panorama alamnya yang eksotik,kata dia, pengunjung dapat menikmati refleksi kesehatan.  Pasalnya,bebatuan yang berada di bibir pantai dapat dijadikan sebagai refleksi telapak kaki.


Hanya saja, ujar Yassin Amin,  tidak dipungkiri bahwa  kondisi objek wisata tersebut saat ini memang perlu perhatian serius untuk  dilakukan pengembangan, agar dapat meningkatkan kunjungan wisatan, baik lokal, domestik, maupun mancanegara.

Yassin Amin tidak menampik minimnya fasilitas di objek wisata bahari itu. sehingga untuk pengembangannya, nantinya di Pantai Ujung Kupang  akan dibangun sejumlah fasilitas penunjang bagi pengunjung. Program ke depannya akan menfokuskan pengembangan objek bahari tersebut pada 2O15 mendatang.

Apalagi, kata dia, sebelumnya sudah membuat desain pengembangan dengan beberapa instansi di lingkungan Pemkab Sinjai, seperti Dinas Tata Ruang Permukiman dan Perumahan , Dinas Perhubungan Kabupaten Sinjai, dan Dinas Pekerjaan Umum. "Untuk pengembangan objek wisata Pantai Ujung Kupang memang harus dikerjasamakan dengan beberapa instansi di daerah ini,"jelasnya, Sabtu malam, 22 Februari lalu.

Related Posts

0 Komentar Anda:

Post a Comment