Headlines News :
Home » » Contoh Tulisan

Contoh Tulisan

  Contoh 1
Siang itu, Sabtu  pekan  lalu, Ramin bermain bagus. Mula-mula  ia  menyodorkan sebuah kontra melodi  yang hebat, lalu bergantian dengan  klarinet,  meniupkan  garis  melodi  utamanya. Ramin dan  tujuh  kawannya berbaris seperti serdadu  masuk  ke  tangsi,  mengiringi  Ahmad,  mempelai  pria yang akan   menyunting  Mulyati,  gadis yang rumahnya di  Perumahan  Kampung Meruyung. Mereka  membawakan  lagu ³Mars Jalan´  yang dirasa  tepat   untuk mengantar Ahmad.
Contoh 2:
Patih  Pranggulang  menghunus  pedangnya. Dengan cepat  ia  mengayunkan  pedang  itu ke tubuh Tunjungsekar. Tapi aneh, sebelum  mengenai   tubuh Tunjung sekar. Tapi  aneh, sebelum  mengenai  tubuh Tunjungsekar, pedang  i tu jatuh ke tanah. Patih Pranggulang  memungut  pedang  itu  dan membacokkan  lagi  ke tubuh Tunjungsekar. Tiga  kali PatihPranggulang melakukan hal itu. Akan tetapi semuanya gagal.
Contoh 3:
 Kemampuan   apresiasi   musik  pada  seorang  anak  dapat  dibentuk  melalui  tiga   cara. Pertama, secara  alamiah seseorang dibiasakan  mendengarkan  karya  musik. Kebiasaan   itu  dimulai  sejak  anak  masih  berupa  janin  dalam rahim  ibunya.Persentuhan  emosi  sang ibu  dengan berbagai  irama  yang didengarkan  akan  ikut  dirasakan  oleh janin. Besar  kemungkinan  akan  terjadi  respons  motorik  janin  yang  dirasakan oleh  sang  ibu. 
Kedua, sejak  anak  dilahirkan  ia dibiasakan  dengan berbagai  irama  musik  yang  mengiringnya  pada  saat  menjelang tidur  atau   bermain. Alat  pendengar  anak  menjadi  peka  menangkap  berbagai  irama  dari   instrumen  musik  yang didengarnya.  Lambat-laun, seiring  dengan  pertumbuhan  fisik  dan  kognisinya, musik  akan   menjadi  bagian  yang  tak terpisahkan  dari  kehidup  anak. Ketiga,     apresiasi musik dikembangkan melalui pendidikan formal. Untuk itu, pendidikan musik diarahkankepada pengenalan, pemahaman, penghayatan, dan sikap kritis serta kreatif terhadap karya musik.
CONTOH DESKRIPSI
Siang itu aku sedang duduk santai di sofa empuk di dalam apotik milikku yang baru saja dibuka. Apotik ini adalahimpianku sejak aku kuliah di Farmasi dulu. Sekarang aku memandang puas pada usahaku selama ini. Aku bisamendirikan apotik di kota kelahiranku. Apotik ini cukup luas, beberapa rak besar tempat obat-obatan berjejer rapidengan kemasan-kemasan obat warna-warni yang disusun menurut khasiat obatnya. Pandangan saya tertuju pada rak  buku di pojok ruangan yang berisi buku-buku tebal. Ku ambil satu buku yang disampulnya tertulis InformasiSpesialis Obat atau yang biasa disebut kalangan farmasi dengan buku ISO. Setelah  ku pandangi aku tersenyum danmengembalikannya ke tempat semula. Aku memandang lagi secara keseluruhan apotik ini, sebuah televisi 14 incidan sebuah computer di meja kasir. Hembusan angin dari AC cukup membuat udara terasa sejuk di bulan Mei yang panas ini.
CONTOH EKSPOSISI
 
Contoh 1:
  Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen murni dan ozon berenergi tinggike dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.
Contoh 2:
 Pernahkan Anda menghadapi situasi tertentu dengan perasaan takut? Bagaimana cara mengatasinya? Di bawah iniada lima jurus untuk mengatasi rasa takut tersebut. Pertama, persipakan diri Anda sebaik-baiknya bila menghadapisituasi atau suasana tertentu; kedua, pelajari sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tersebut; ketiga, pupuk dan binalah rasa percaya diri; keempat, setelah timbul rasa percaya diri, pertebal keyakinan Anda; kelima, untuk menambah rasa percaya diri, kita harus menambah kecakapan atau keahlian melaluin latihan atau belajar sungguh-sungguh.
CONTOH ARGUMENTASI
 Mempertahankan kesuburan tanah merupakan syarat mutlak bagi tiap-tiap usaha pertanian. Selama tanaman dalam proses menghasilkan, kesuburan tanah ini akan berkurang. Padahal kesuburan tanah wajib diperbaiki kembalidengan pemupukan dan penggunaan tanah itu sebaik-baiknya. Teladan terbaik tentang cara menggunakan tanah danmenjaga kesuburannya dapat kita peroleh pada hutan yang belum digarap petani



(Sumber: http://id.scribd.com/doc/45186448/CONTOH-TULISAN-NARASI)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Edy Arsyad - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template