Kapolda : Kondisi Kamtibmas di Sulselbar Dinamis

shares

 Kapolda Sulsel-Bar,Drs Johny Wainal Usman,memberikan pembekalan kepada ratusan Mahasiswa UIN Alauddin Makassar, di ruang Anindhita, Mapolda Sulselbar, 4 Februari, kemarin. Para mahasiswa ini, adalah Koordiantor Kecamatan (Korcam) dan Koordiantor Desa(Kordes) yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 9 Kabupaten, 16  Kecamatan, serta 116 Desa dalam Wilayah Sulsel.

   Kapolda memberi arahan agar para Korcam dan Kodes ini, membantu kepolisian untuk menciptakan kondisi kamtibmas yang baik. Apalagi, mereka akan bersentuhan  langsung dengan masyarakat pedesaan di  sejumlah Kabupaten di wilayah Sulsel, Sehingga mereka diharapkan, berperan aktif menjaga kamtibmas di lokasi KKN-nya.

  Untuk wilayah Polda Sulselbar, Kata Johny , kondisi Kabtimas untuk 3 Tahun terakhir ini bersifat dinamis, " Pada tahun 2008 jumlah tindak pidana sebanyak 15.273 kasus, dan pada tahun 2009 sebanyak 13. 360 kasus. sementara, untuk tahun 2010 berjumlah 16.017 kasus. Hal ini menunjukkan penurunan jumlah kasus pada tahun 2008 ke tahun 2009. Tetapi mengalami peningkatan jika di bandingkan pada tahun 2009 ke 2010, sebesar 2.657 kasus"Katanya.


    Selain itu, Pria berbintang dua ini, menjelaskan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, sebagai program revitalisasi Polri menuju pelayanan kepada masyarakat. Saat ini  telah diimplementasikan  pada bulan Oktober 2010 lalu, dengan mengungkapkan sejumlah kasus yang dianggap menonjol.

  "Pengungkapan dan penyelesaian kasus yang dianggap menonjol, diantaranya  tindak pidana penipuan denga modus hipnotis dan melalui sms, pencurian dengan menggunakan senjata api rakitan, kasus kepemilikan dan menguasai bahan peledak,  penyalahgunaan narkotika, serta tindak pidana korupsi pembangunan pemecah obak di Kabupaten Takalar. Semua kasus tersebut, tersangka dan barang buktinya telah di serahkan Ke Jaksa Penuntut Umum,"ungkapnya.

Related Posts

0 Komentar Anda:

Post a Comment